Panduan Memilih Jenis Karton yang Tepat untuk Produk Anda

Dunia bisnis semakin kompetitif, setiap pelaku usaha wajib beradaptasi dan berinovasi agar produknya memiliki nilai jual yang tinggi.

Salah satu cara untuk menambah nilai jual produk adalah dengan menggunakan packaging yang tepat untuk membungkus dan melapisi produk Anda.

Pada kondisi tertentu, pemilihan packaging ini pada akhirnya akan menentukan masa depan bisnis Anda.

Oleh sebab itu, pemilihan packaging yang tepat sangatlah penting.

Ada banyak bahan yang dapat digunakan untuk packaging, salah satu yang sering digunakan adalah packaging kardus. Packaging kardus memiliki keunggulan yang mencolok dibandingkan dengan bahan lainnya.

Tak hanya berguna untuk melapisi produk, packaging juga menjadi identitas brand Anda dan menjadi hal pertama yang dilihat oleh konsumen Anda.

Mengingat pentingnya peran packaging kardus ini, kami akan membantu membimbing Anda untuk memilih kardus yang tepat untuk packaging produk Anda.

Ada banyak faktor utama yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih karton yang tepat untuk produk Anda.

Faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih karton untuk sebuah

1. Dimensi dan Berat Produk

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memilih kardus adalah mengukur produk dan berat produk Anda. Berdasarkan hal tersebut barulah bahan dan material kardus dapat ditentukan.

Ukuran kardus harus menyesuaikan ukuran produk dan ketebalan kardus menyesuaikan berat produk.

Kesalahan dalam pengaplikasian ini akan menyebabkan kardus mudah rusak yang akibatnya produk di dalamnya pun akan rusak.

2. Keamanan dan Perlindungan

Tujuan utama packaging dipakai adalah untuk memberikan keamanan dan perlindungan kepada produk yang ada di dalamnya.

Packaging harus dapat memberikan perlindungan yang memadai terhadap benturan, getaran, dan lingkungan yang berpotensi merusak produk Anda. 

Baca juga:  Jenis-jenis Kardus Berdasarkan Bentuknya

3. Karakteristik Produk

Karakteristik produk menentukan jenis packaging yang nantinya akan digunakan. Sebagian produk lebih baik menggunakan packaging plastik sementara yang lain lebih baik menggunakan packaging kardus.

Perhatikanlah apakah produk anda termasuk yang sensitif terhadap cahaya, kelembaban, atau faktor lingkungan lainnya. Memilih packaging yang tepat memastikan bahwa kualitas produk didalamnya terjaga dengan baik.

4. Tujuan Penggunaan

Apakah packaging ini akan digunakan untuk display pada rak di toko, digunakan untuk pengiriman ekspedisi jarak jauh, jarak dekat, atau tujuan lain, itu semua memengaruhi bagaimana seharusnya packaging disesuaikan.

Dengan mengetahui seperti apa kebutuhan produk akan memudahkan kita untuk menentukan packaging seperti apa sebaiknya yang akan digunakan.

5. Estetika dan Merek

Packaging kardus memiliki karakteristik yang unik dan keunikan ini dapat digunakan sebagai identias brand anda. Dengan kombinasi desain yang tepat akan dapat memperlihatkan brand anda kepada konsumen Anda.

Aspek ini bagaimanapun harus masuk dalam pertimbangan dalam memilih kardus. Jangan sampai produk yang berkualitas mengalami masalah dalam pemasaran hanya karena estetikanya tidak menarik.

Jenis-jenis Karton berdasarkan bahannya

Setelah Anda mengetahui faktor yang dapat digunakan dalam memilih produk, kali ini kami akan menjelaskan bahan karton yang tersedia, karakteristik materialnya dan detail lainnya.

Masing-masing material ini unik, memiliiki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut diantaranya:

1. Kemasan Bahan Duplex

Duplek adalah salah satu bahan material yang paling sering digunakan untuk pembuatan karton box. Cirinya adalah terdapat dua warna yaitu warna putih dan warna abu-abu di masing-masing sisi dalam selembar duplex.

Biasanya duplex digunakan untuk packaging kue kering, catering makanan, dan lain sebagainya.

Bahan duplex dibadakan berdasarkan gramasinya mulai dari yang paling tipis yaitu 250 g hingga yang paling tebal yaitu 400 g.

Baca juga:  Proses Pembuatan Karton Box

2. Ivory

Ivory adalah salah satu material yang sering digunakan untuk packaging makanan sebab kertas ini tergolong food grade. Kertas ini sebenarnya adalah penggabungan anntara art carton dan matte paper. Kita dapat melihat bahwa kertas ini memiliki sisi doff dan glossy sekaligus.

Karena sifatnya ini maka dapat dengan aman bersentuhan dengan makanan, obat, dan kosmetik dengan aman.

3. Yellow Boar (Karton Board)

Yellow board juga sering disebut gray board, yang membedakan hanyalah warnanya saja. Bahan ini kerap digunakan sebagai hardcover dan juga undangan.

Yellow board terbuat dari bahan serat kayu sebagaimana karton duplex. Perbedaan dari material sebelumnya yang telah dibahas sangat jelas terlihat dari ketebalannya.

Yellow board tidak dibedakan berdasarkan gramasi seperti material sebelumnya. Ketebalan Yellow board mulai dari YB 25 hingga YB 40.

Jelas pula terlihat bahwa material ini cukup mahal harganya jika dibandingkan dengan material yang telah disebutkan sebelumnya.

Kesimpulan

Panduan Memilih Jenis Karton yang Tepat untuk Produk Anda.

Keberhasilan sebuah produk sangat ditentukan oleh packaging yang digunakan. Pemilihan packaging yang tepat membutuhkan beberapa pertimbangan yang matang.

Perlu dinginat bahwa packaging tidak hanya menjadi pelapis produk saja, namun lebih dari itu, packaging akan menjadi wajah produk, pengaman produk selama pengiriman, dan menjaga produk tetap awet.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memutuskan packaging dan bahan packaging seperti apa yang nantinya akan digunakan.

Jika Anda masih bingung mengenai packaging ini, jangan sungkan untuk menghubungi kami via kontak.

2 komentar pada “Panduan Memilih Jenis Karton yang Tepat untuk Produk Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *