Palet Kardus: Kelebihan, Fungsi, dan Penggunaannya

Setiap barang yang diproduksi oleh pabrik akan dilakukan pemindahan, bongkar muat, dan pengiriman. Semua kegiatan tersebut menggunakan alat bantu bernama palet.

Secara umum, palet merupakan papan horizontal yang digunakan untuk menopang barang diatasnya. Dengan menggunakan palet maka barang akan dapat diangkat dengan mudah menggunakan alat angkat seperti forklift, stacker, dan hand pallet.

Palet dapat membantu untuk memindahkan barang dalam gudang ekspedisi sehingga proses bongkar muat dan pengiriman menjadi lebih mudah dan aman.

Dari sejak ditemukan hingga sekarang, palet menggunakan bahan kayu. Di Indonesia, kayu yang biasa digunakan adalah kayu pinus.

Namun dengan seiring dengan perkembangan zaman, saat ini banyak digunakan palet yang menggunakan bahan plastik.

Penggunaan palet plastik memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan palet kayu seperti ringan, kedap air, anti rayap, dan relatif lebih kuat.

Meskipun demikian, palet dengan bahan plastik memiliki sejumlah masalah salah satunya adalah masalah lingkungan. Hal ini bisa terjadi karena bahan plastik yang digunakannya tidak dapat terurai.

Mengingat kesadaran akan lingkungan kian digencarkan belakangan ini, perusahaan banyak yang mulai melakukan inovasi dan terobosan yang dapat menggantikan palet kayu dan plastik.

Palet kardus adalah jawaban masalah diatas. Palet dengan bahan kardus memiliki keunggulan yang didapatkan dari palet kayu dan pallet plastik sekaligus.

Mengenal Palet Kardus

Palet kardus adalah palet yang dibuat dengan bahan utama kardus. Pallet kardus disebut juga palet karton, palet kertas, paper palet, carton pallet, atau corrugated pallet.

Belakangan ini palet kardus telah menjadi cukup populer dan sering digunakan di banyak perusahaan terutama perusahaan-perusahaan di Eropa.

Palet memiliki ukuran yang beragam. Ragam ukuran ini tergantung standar ukuran yang digunakan. Berikut ukuran yang biasa ditemukan:

  1. Euro pallet standard: 1000 mm x 1200 mm.
  2. Euro pallet size : 800 mm x 1200 mm.
  3. Asia pallet standard size : 1100 mm x 1100 mm.
  4. Australia pallet standard size : 1165 mm x 1165 mm.
Baca juga:  Meningkatkan Penjualan dengan Karton

Selain ukuran diatas, pallet kardus juga dapat dibuat sesuai permintaan. Produksi palet kardus custom jelas jauh lebih mudah daripada palet plastik.

Fungsi Palet Kardus

Seperti yang telah diulas sebelumnya, pallet kardus mempunyai fungsi utama untuk mempermudah proses memindahkan, mengangkut, dan membawa barang dengan aman.

Keunggulan Palet Kardus

Sebelumnya kita sudah sedikit mengulas bahwa pallet kardus dapat menggabungkan keunggulan dari palet kayu dan palet plastik.

Lalu keunggulan apa yang dimaksud? Berikut ulasannya:

1. Palet Kardus sangat Efisien

Palet dibuat memang dimaksudkan untuk memudahkan kegiatan gudang. Namun dibandingkan dengan palet kayu dan pallet plastik, palet kardus memiliki efisiensi yang tinggi.

Pertama, palet kardus memiliki harga yang murah. Harga yang murah dari palet kardus karena bahan yang digunakan adalah kardus yang cukup mudah ditemukan. Perusahaan yang menggunakan palet kardus akan dapat menghemat cukup banyak uang.

Kedua, palet kardus bobotnya cukup ringan. Dengan bobot yang ringan akan memudahkan saat palet kardus ini hendak dipindahkan

2. Tidak perlu menggunakan fumigasi

Fumigasi adalah penyemprotan menggunakan bahan kimia untuk mencegah timbulnya hama yang muncul pada palet kayu. Karena bahan kardus ini tak ditumbuhi hama maka palet kardus tak membutuhkan fumigasi. Hal ini akan membuat palet terbebas dari bahan kimia yang bisa saja berbahaya.

3. Ramah lingkungan

Karena palet kardus berbahan dasar kertas yang merupakan benda organik maka akan dapat terurai dengan mudah tak seperti palet dengan bahan plastik.

Bahan pembuatan palet kardus adalah kertas. Kertas ini dapat didaur ulang untuk dibentuk menjadi bahan lainnya.

Kesimpulan

Dari beragam jenis palet, palet berbahan dasar kardus adalah salah satu pilihan terbaik karena membawa keunggulan dari palet kayu dan palet plastik sekaligus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *